Posisi Mata yang Ideal Ketika Menatap Layar Monitor


Monitor adalah alat sebuah perangkat output pada komputer, laptop, dan gadjet lainnya. Fungsi dari alat ini adalah  memvisualisasikan bahasa mesin dalam dalam bentuk gambar atau bahasa yang dipahami manusia. Manusia menggunakan monitor untuk berinteraksi dengan komputernya, seperti : Bermain game, internetan, chatting, atau mengerjakan tugas. Nah kalo udah main dengan komputer biasanya posisi badan ada yang duduk atau tiduran.


Penyebab mata rusak pada umumnya karena posisi menatap layar monitor yang salah. Posisi yang salah ini menyebabkan otot mata menjadi tegang dan cepat lelah. Bagaimana posisi mata yang menyebabkan cepat lelah ketika melihat layar? inilah jawabannya :

1. Posisi mata yang terlalu jauh dengan layar

Posisi seperti ini biasanya terjadi ketika anda menggunakan kursi yang cukup menjorok ke belakang. Membuat jarak mata dengan layar menjadi lebih jauh, sehingga mata memerlukan energi yang lebih agar cahaya yang masuk ke mata dapat terserap dengan baik. Hal tersebut membuat mata cepat lelah.


2. Posisi mata yang terlalu dekat dengan layar

Posisi kedua, hal yang paling sering dilakukan pengguna. Apalagi kalo udah make gadget sambil tiduran maen game, bales chat, dll. Mata yag terlalu dekat dengan layar akan menjadi kan mata berusaha lebih keras untuk memfokus objek yang ditangkapnya. Mata juga akan mudah lelah dengan posisi layar yang terlalu dekat.


Posisi mata yang baik


Sesuaikan jarak

Mata adalah salah satu anugerah yang diberikan tuhan. Maka dari itu kita harus bersyukur, rasa syukur tersebut dapat kita lakukan dengan cara mencaganya agar tetap sehat. Bisa dengan memakan sayur-sayuran, buah-buahan, dan serat lainnya yang mengandung vitamin A. Tapi makan makanan yang mengandung vitamin A saja belum cukup jika tidak diimbangi dengan penggunaannya yang baik. Usahakan ketika bermain komputer, laptop atau gadjet lainnya harus berjarak sekitar 25 - 30 cm. Kenapa? karena jarak ideal mata untuk menangkap objek didepannya adalah dengan jarak tersebut.

Cukup Cahaya

Berikan mata dengan pencahayaan yang pas. Jika pencahayaan disekitar mata terlalu terang atau terlalu gelap, mata akan menjadi cepat lelah. Pencahaayan yang buruk berdampak pada pupil mata yang menjadi rusak atau kinerjanya menjadi tidak maksimal lagi. Jadi berikan mata anda pencahayaan yang cukup ketika bermain gadget.

Istirahat berkala

Mata mempunyai hak untuk beristirahat. Jika anda memang gemar berada didepan layar gadjet apapun itu, usahakan satu jam sekali istirahatkan mata anda agar otot - otot mata kembali pulih dari rasa tegang menatap layar.

Jika bukan anda yang merawat mata anda sendiri, siapa lagi yang akan merawatnya? Mungkin sekarang belum dapat anda rasakan efek samping dari posisi mata yang kurang tepat ketika menatap layar komputer. Tapi kedepannya siapa yang tau jika berangsur - angsur mata anda menjadi buram ketika melihat benda yang jaraknya cukup jauh atau cukup dekat. Itu karena mata anda sudah kekurangan fungsinya yang normal.

Categories:

4 komentar:

beny imron said...

Siap gan saya juga selalu membuat pengaturan lapot saya menjadi yang paling redup

Teuku Ahmad Andika said...

wah bermanfaat nih gan :)
thanks atas infonya

Unknown said...

bener gan,sangat bermanfaat nih :) makassih atas info pentingnya kunjungi juga ya http://juliherniyansahofficial.blogspot.com/2015/03/paid-to-click-8share.html

Reandy Ramdiansyah said...

wah, pantas saya sering pusing, karena terlalu tinggi cahaya monitornya dan jarak terlalu dekat, artikelnya bermanfaat bgt mas..

visit:
www.nengkokom.com

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar ^^

Seru untuk Bibaca